Apa Penyebab Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa?

Assalamu'alaikum. Pada kesempatan kali ini, kita  membahas “Apakah Penyebab Mimisan?”.

Apa Penyebab Mimisan?
Apa Penyebab Mimisan?

Mengapa kita harus mengetahui Apa Penyebab Mimisan?. Karena banyak sekali orang tua yang khawatir ketika anaknya mimisan. Padahal, semua dari kita pasti pernah mengalami mimisan ketika masih kecil. Atau mungkin waktu terjadi infeksi demam berdarah, hal ini sering terjadi. Berikut ini penjelasan mengenai Apa Penyebab Mimisan.

Mimisan adalah pendarahan yang keluar melalui hidung. Jadi, bisa dari salah satu lubang hidung ataupun keduanya. Dan mimisan pada setiap orang tentu saja akan berbeda-beda. Baik itu durasinya, kemudian jumlah darah yang keluar. Tetapi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan tentang mimisan.

Ada beberapa kelompok orang yang memiliki faktor lebih rentan terhadap terjadinya mimisan. Jadi, kelompok orang tersebut adalah anak-anak berusia 2 sampai 10 tahun, kemudian usia lansia, ibu hamil, kemudian mereka yang mengalami penyakit hemophilia, dan mereka-mereka yang menggunakan obat pengencer darah atau anticoagulant. Jadi, mereka semua lebih rentan untuk terjadi mimisan. Namun, anda tidak perlu khawatir terhadap mimisan tersebut. Karena biasanya atau umumnya, mimisan ini tidak berbahaya.

“Lalu, apa yang harus saya lakukan, jika saya mimisan atau anak saya mimmisan, misalnya?”. Jadi yang perlu anda lakukan yang pertama adalah jangan panik dulu. Kemudian yang perlu anda lakukan adalah usahakan untuk duduk tegak. Jadi, jangan tiduran atau jangan berbaring. Jika hal ini terjadi pada anak anda, lakukan hal yang sama. Dudukkan anak anda, kemudian pencet hidungnya. Gunakan dua jari anda, jari jempol dan jari telunjuk. Anak tersebut tidak perlu ditidurkan. Jadi harus dalam posisi duduk agar darah tidak masuk ke saluran pencernaan atau agar tidak tertelan. Jika darah tersebut tertelan, maka nantinya akan merespon untuk muntah. Jadi, biarkan seperti ini. Dan biasanya, darah tersebut akan berhenti sendiri sekitar 5 menit. Biasanya di bawah 10 menit.

Yang perlu anda khawatirkan adalah jika darah tersebut tidak berhenti atau darahnya mengalir deras sampai 30 menit. Jadi ketika proses pendarahannya lebih dari 30 menit, sebaiknya anda bawa ke Rumah Sakit. Dan satu lagi. Anda juga bisa melakukan kompres dingin pada pangkal hidung.

Kompres Dingin (Es) pada Pangkal Hidung Mimisan
Kompres Dingin (Es) pada Pangkal Hidung Mimisan

Kompres dingin tersebut berfungsi agar pembuluh darah tadi bisa mengecil atau mengalami vasokonstriksi. Hal ini dilakukan untuk memperlambat atau menghentikan pendarahan.

Lalu, hal-hal apa saja atau faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya mimisan? Biasanya, anda semua ‘kan suka ngupil. Korek-korek hidung menggunakan jari kelingking. Ada yang kukunya sengaja dipanjangkan. Biasanya, hal itu akan melukai pembuluh darah yang ada di hidung bagian depan.

Kemudian, ada juga mereka yang kalau bersin atau buang ingus itu terlalu kencang. Jadi pada mereka yang sedang pilek, buang ingusnya pelan-pelan.

Bersin dan Buang Ingus Jangan Terlalu Kencang
Bersin dan Buang Ingus Jangan Terlalu Kencang

Buang ingus dengan cara pelan-pelan agar tidak melukai pembuluh darah yang terdapat pada hidung anda.

Kemudian, mungkin juga anda habis operasi. Jadi bekas operasi tersebut bisa menyebabkan pendarahan. Kemudian juga bagi yang sedang menderita sinusitis.

Sinusitis
Sinusitis

Atau mereka-mereka yang sedang mengkonsumsi anticoagulant seperti aspirin, kemudian pengencer darah.

Anticoagulant seperti aspirin
Aspirin

Hal ini juga dapat menyebabkan anda lebih rentan untuk terjadi mimisan. Atau bisa juga terjadi pada mereka yang terkena demam berdarah.

Demam Berdarah
Demam Berdarah

Biasanya mereka selain mimisan, terjadi juga pendarahan yang lain. Biasanya gusi berdarah, ataupun bintik-bitik pendarahan pada kulit. Biasanya terjadi di tangan atau pada tungkai.

Penyebab lainnya adalah pada anda yang habis mengalami kecelakaan, misalnya. Jadi kemungkinan wajah anda terbentur, terutama hidung anda. Hal ini juga dapat menyebabkan mimisan. Atau mungkin dipukul teman anda. Hal ini juga dapat menyebabkan mimisan. Dan pada mereka-mereka yang menderita penyakit hemophilia. Yaitu terjadi gangguan pembekuan darah, sehingga mudah sekali terjadi mimisan.

Hemopilia
Hemopilia

Baiklah, itu semua adalah faktor-faktor penyebab terjadinya mimisan. Lalu jika ditanya tentang jenis-jenis mimisan, berdasarkan lokasinya, mimisan dibagi menjadi dua. Jadi pada bagian anterior dan bagian posterior. Bagian anterior adalah bagian depan. sedangkan bagian posterior adalah bagian belakang. Jadi, sebagian besar terjadi pada bagian anterior. Dan untuk penyebabnya sudah disebutkan di atas.

Untuk mengetahui hal tersebut lebih lanjut, mimisan ini juga merupakan suatu indikasi dari suatu penyakit. Mungkin saja ada tumor dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya anda periksakan ke dokter. Terutama bagi anda yang mimisan lebih dari 30 menit. Apalagi kalau sampai profus. Profus itu artinya mimisannya deras sekali, dalam jumlah banyak dan susah sekali untuk berhenti. Ketika anda mendapati hal tersebut, kunjungi dokter anda.

Periksakan Keluhan Mimisan ke Dokter
Periksakan Keluhan Mimisan ke Dokter

Itulah pembahasan mengenai Apa Penyebab Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa?. Semoga bisa bermanfaat. Wassalamu'alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab Mimisan pada Anak dan Orang Dewasa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel