Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat?

Assalamu'alaikum, pada tulisan kali ini akan dibahas tentang Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat?. 

Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat?
Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat?

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata asam urat. Mungkin teman-teman kita, paman kitaatau mungkin ayah atau ibu kita mengalami penyakit ini. Namun banyak juga orang yang tidak pernah mendengar kata asam urat atau mereka sudah pernah dengar tetapi tidak mengerti apa itu asam urat. Karena belakangan ini banayak pasien yang datang ke dokter dengan keluhan dengan nyeri lutut. Biasanya mereka mengatakan, “Dok, saya terkena asam urat. Lutut saya sakit..”.

Nyeri Sendi Lutut Apakah Asam Urat
Nyeri Sendi Lutut Apakah Asam Urat ?

Jadi, yang perlu kita ketahui adalah tidak semua nyeri sendi dan nyeri lutut itu merupakan asam urat. Mari kita bahas apa itu asam urat.

Asam urat merupakan senyawa nitrogen yang dihasilkan dari metabolisme di dalam tubuh kita. Baik itu metabolisme protein atau metabolisme DNA di dalam tubuh kita. Supaya lebih mudah memahami, kita sederhanakan, contohnya seperti ini. Kita semua setiap hari mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya. Semua itu merupakan nutrisi bagi tubuh kita. 

Makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya
Makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak dan sebagainya

Makanan yang kita konsumsi sebagian besar akan diserap oleh tubuh kita dan sebagian lagi akan menjadi limbah bagi tubuh kita. Jadi limbah-limbah ini akan dikeluarkan oleh tubuh kita melalui usus dan ginjal.

Pertanyaannya : “Kalau limbah ini dikeluarkan, mengapa saya masih bisa terkena asam urat?”. Jawabannya sederhana. Jadi, proses pengeluaran limbah ini tidak berjalan dengan lancar. Atau mungkin limbah yang masuk terlalu banyak. Secara normal, sebenarnya tubuh kita mempunyai mekanisme untuk membuang limbah-limbah ini, termasuk asam urat agar tubuh kita tetap dalam keadaan sehat. Namun pada kasus-kasus tertentu pada beberapa orang, justru asam urat ini akan mengendap pada jaringan atau pada sendi mereka. Hal ini kita kenal dengan sebutan Gout Arthritis jika mengendap pada sendi.

Di sini penyebabnya bermacam-macam, tetapi kita sederhanakan menjadi 3 penyebab, supaya kita lebih mudah memahaminya.

Produksi Asam Urat yang Berlebihan di Dalam Tubuh
Penyebab yang pertama adalah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh kita. Pada kasus seperti ini, berikut ini contohnya. Jadi, mereka yang menderita kanker akan terjadi Turn Over Purin yang berlebihan di dalam tubuh mereka. Turn Over Purin ini berasal dari metabolisme DNA. Sehingga terbentuklah purin yang begitu banyak dan menyebabkan asam urat.

Ekskresi yang Menurun
Penyebab yang kedua adalah ekskresi yang menurun. “Apa itu ekskresi?”. Eksresi merupakan pengeluaran zat sisa yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh kita. Jika fungsi ekskresi di dalam tubuh kita menurun, maka limbah-limbah tersebut tidak dapat dikeluarkan. Limbah-limbah ini termasuk zat-zat yang tidak dibutuhkan lagi di dalam tubuh kita. Contohnya pada kasus atau pada pasien-pasien yang mengalami gagal ginjal, misalnya.

Gagal Ginjal
Gagal Ginjal

Jadi, ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga limbah-limbah tadi tidak bisa dibuang, termasuk asam urat.

Apa yang Kita Konsumsi
Kemudian yang ketiga adalah apa yang kita konsumsi. Konsumsi purin yang berlebihan contohnya adalah jeroan, daging merah, kemudian seafood seperti kepiting atau udang. 

Jeroan, daging merah, seafood seperti kepiting atau udang
Jeroan, daging merah, seafood seperti kepiting atau udang

Ini penyebab dari kita mengkonsumsi intake purin yang berlebihan dari makanan. Kemudian konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan asam urat. 

Alkohol, Obat-obatan Diuretic dan Aspirin dapat Meningkatkan Asam Urat
Alkohol, Obat-obatan Diuretic dan Aspirin dapat Meningkatkan Asam Urat

Bisa juga konsumsi obat-obatan misalnya diuretic yang biasa digunakan oleh penderita darah tinggi. Obat-obatan seperti ini juga meningkatkan asam urat kita. Kemudian ada lagi obat pengencer darah misalnya aspirin. Obat ini juga dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh kita.

Jadi itu tadi adalah 3 hal yang menyebabkan asam urat. Dan selain itu, asam urat dapat dipicu oleh stress yang berlebihan. Oleh sebab itu, kita butuh keseimbangan hidup. Mungkin kita sudah menghindari makanan-makanan yang memicu asam urat atau intake tinggi purin. Tetapi kalau kita tidak mengontrol tingkat stress kita(kita stress berlebihan), maka hal ini juga dapat mengganggu mekanisme di dalam tubuh kita sehingga proses pembuangan limbah pada tubuh kita akan terganggu. Dan akhirnya asam urat yang harusnya dibuang, menjadi tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dan mengendap pada jaringan. 

Contohnya pada ginjal. Jadi apabila ada asam urat yang mengkristal dan mengendap pada jaringan ginjal kita, maka akan membentuk batu ginjal. Atau jika mengendap pada jaringan sendi-sendi kita, maka akan membentuk Gout Arthritis. Dan kita bisa melihat gambarnya di sini. Hal seperti itu sering menyerang ibu jari kaki atau jempol kaki kita.

Gout Arthritis Asam Urat pada Sendi Kaki dan Tangan
Gout Arthritis Asam Urat pada Sendi Kaki dan Tangan

Lama kelamaan, jari itu bisa terdorong. Kita bisa lihat gambar di bawah. Jika suatu saat kristal urat itu pecah, maka kristal-kristal ini akan menyebabkan peradangan pada sendi jempol kaki kita.

Dan itu rasanya sangat sakit sekali, bengkak, merah, bahkan kita sampai tidak bisa menggerakkan kaki kita. Selain pada jempol kaki dan ginjal, penumpukan kristal urat ini juga bisa terjadi pada bagian tubuh yang lain. Contohnya pada jari tangan, siku, atau lutut.

Jika kita mengalami masalah seperti ini, jika kita mengalami keluhan nyeri sendi, sebaiknya kita berkonsultasi kepada dokter. Kita jangan hanya mengira-ngira, “oh, ini nyeri sendi. Saya mau beli obat asam urat.”. Karena tidak semua nyeri sendi disebabkan oleh asam urat.

Konsultasikan Keluhan Asam Urat dengan Dokter
Konsultasikan Keluhan Asam Urat dengan Dokter

Jika kita ingin berkonsultasi dengan dokter, sebaiknya kita pergi menemui dokter tersebut. Mengapa? Karena dokter juga tidak bisa memperkirakan dengan baik jika kita hanya mengatakan, “Dok, jari saya sakit. Kenapa ya? Dok, lutut saya sakit. Kenapa ya?”. Karena penyebab jari atau lutut kita sakit itu ada banyak sekali penyebabnya. Contoh, lutut kita sakit bisa saja karena habis terjatuh. Atau bisa jadi kita habis bermain sepak bola, atau habis berlari. Atau mungkin juga disebabkan berat badan kita yang berlebih. Jadi, sebaiknya kita bertemu dengan dokter. Sehingga dokter bisa memeriksa kondisi fisik/kondisi lutut kita dan bisa mendiagnosa dengan tepat. Bukan dengan “kira-kira”.

Semoga tulisan tentang informasi tentang Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat ini bermanfaat. Wassalamu'alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab dan Gejala Asam Urat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel