4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel pada Wajah atau Punggung

Assalamu'alaikum. Pada tulisan kali ini kita membahas mengenai Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel.

4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel
4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel

Mungkin sudah banyak artikel tentang Tips atau Cara Menghilangkan Jerawat yang telah anda baca. Mudah-mudahan pada tulisan ini kita mendapatkan banyak manfaat dan pengetahuan terkait dengan Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel dan menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keluhan dengan jerawat seperti ini: ”Kenapa jerawat saya sulit sekali sembuh? Saya sudah menggunakan salep, menggunakan obat, dan minum obat, namun tidak sembuh-sembuh”. Beberapa juga ada yang bilang, “Saya sembuh saat menggunakan salep. Tetapi tidak lama kemudian, jerawat saya muncul lagi“.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas solusi bagaimana cara menyembuhkan jerawat yang sangat membandel. Di sini ada 4 tips untuk anda yaitu bagaimana cara mengatasi jerawat yang membandel. Mungkin jerawat itu ada di wajah anda, atau bahkan mungkin di punggung anda. Sebelum saya menjelaskan 4 tips ini, kita ketahui dulu bagaimana jerawat bisa terbentuk atau bagaimana proses terbentuknya jerawat.

Penyebab dan Bagaimana Proses Terbentuknya Jerawat
Salah satu penyebab utama jerawat pada wajah anda/punggung anda adalah penumpukan bakteri/jamur yang kita sebut dengan kandida pada usus dan saluran pencernaan anda.

Kandida pada Usus dan Saluran Pencernaan
Kandida pada Usus dan Saluran Pencernaan

Jadi ada beberapa faktor mengapa bisa sampai tumbuh bakteri/jamur di dalam saluran pencernaan anda. Mungkin anda bertanya-tanya, “Kok jerawat saya tidak sembuh-sembuh? Sudah minum obat juga tidak sembuh?”. Jadi, yang perlu anda perhatikan adalah pencernaan anda. Disini ada beberapa faktor:

Faktor yang pertama adalah mungkin anda sering mengkonsumsi antibiotik. Sebenarnya antibiotik bekerja dengan cara membunuh semua bakteri pada tubuh kita. Apalagi jika antibiotik dengan golongan yang lebih keras. Jadi selain bakteri jahat, bakteri baik pun akan dibunuh.

Selain itu, tergantung dari pemilihan makanan anda. Kebanyakan dari kita menyukai makanan yang tinggi gula.

Makanan yang Mengandung Tinggi Gula
Makanan yang Mengandung Tinggi Gula

Memakan makanan yang tinggi gula akan mempercepat pertumbuhan kandida itu tadi. Mempercepat pertumbuhan jamur/bakteri itu tadi.

Sedangkan anda kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Contohnya seperti buah-buahan, sayuran mentah dan sayuran yang direbus. Itu semua baik untuk pertumbuhan bakteri baik. 

Sayuran dan Buah Makanan Tinggi Serat
Sayuran

Dengan adanya bakteri baik, bakteri jahat tersebut tidak dapat berkembang biak. Namun dengan pemilihan makanan yang salah, bakteri jahat inilah yang akan berkembang lebih cepat, sehingga menimbulkan jerawat pada wajah anda atau pada punggung anda.

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan jerawat adalah penggunaan pil KB. Dengan penggunaan pil KB, mungkin hormon anda akan terganggu sehingga mudah menimbulkan jerawat pada wajah anda.

Pil KB
Pil KB

Kemudian yang ketiga adalah mungkin beberapa dari anda masih mengkonsumsi air yang dimasak. Jadi air yang dimasak dari PDAM sebenarnya masih mengandung Chlorine. Walau dengan cara memasak atau merebus air tersebut, tetap tidak akan menghilangkan chlorine.

Chlorine pada air PDAM Meskipun Sudah Direbus
Chlorine pada air PDAM Meskipun Sudah Direbus

Chlorine (Cl) adalah zat untuk memutihkan atau menjernihkan air. Jadi apabila anda mengkonsumsi chlorine dengan jumlah berlebih, maka akan menimbulkan jerawat pada wajah anda atau punggung anda.

Jadi sebenarnya cara mengatasi jerawat atau cara menghilangkan jerawat itu sangat mudah. Inilah 4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel pada Wajah atau Punggung.

Inilah 4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel pada Wajah atau Punggung

Tips Ke-1 Cara Menghilangkan Jerawat
Makanan apa saja yang perlu dihindari? Yang pertama adalah makanan yang mengandung tinggi gula. Mengapa? Karena tadi saya sudah menyebutkan bahwa makanan yang tinggi gula merupakan makanan yang memicu pertumbuhan kandida. Jadi, gula yang berlebihan akan dijadikan makanan bagi bakteri jahat kandida atau jamur itu tadi. Dengan tersedianya gula yang berlebih ini, maka pertumbuhan dari bakteri jahat atau kandida tadi akan semakin pesat dibandingkan bakteri baik. Selain itu, gula juga dapat merusak tubuh anda.

Kemudian makanan kedua yang harus anda hindari adalah gluten. Makanan-makanan yang mengandung tinggi gluten. 

Makanan yang Mengandung Tinggi Gluten
Makanan yang Mengandung Tinggi Gluten

Mengapa? Karena dengan anda mengngkonsumsi makanan mengandung gluten tinggi, maka itu akan membuat usus dan pencernaan anda mengalami peradangan atau inflamasi sehingga bakteri disana akan tumbuh lebih cepat. Sebenarnya banyak orang mengalami penyakit kulit yang sulit sembuh seperti jerawat atau eksim. Sebenarnya mereka hanya melihat kulitnya saja. Tampaknya kulit saja yang bermasalah, namun sebenarnya usus dan saluran pencernaan mereka juga bermasalah. Dengan memperbaiki usus dan saluran pencernaan, maka kulit anda akan sembuh dengan sendirinya.

Kemudian yang ketiga adalah menghindari lemak yang terhidrogenasi. Contohnya seperti apa? 

Minyak Goreng
Minyak Goreng

Lemak yang terhidrogenasi contohnya adalah seperti minyak goreng yang dipakai berulang kali. Misalkan anda membeli jajanan di luar. Penjualnya menggunakan minyak untuk menggoreng tidak mungkin hanya satu kali. Pasti mereka gunakan untuk menggoreng berulang kali karena mereka tidak mau rugi. Dan anda bisa melihat warna minyaknya. Sudah tidak bening lagi dan warnanya sangat-sangat hitam. Mungkin ada yang mengatakan, “Justru semakin hitam itu semakin enak dan gurih..”. Ya memang seperti itu, tetapi itu tidak baik untuk pencernaan dan tubuh anda. Bagi anda yang memasak sendiri di rumah, disarankan menggunakan minyak untuk 1 kali penggorengan saja. Jadi itu tadi adalah tips yang pertama.

Hindari 3 jenis makanan ini. Makanan yang pertama adalah makanan mengandung tinggi gula. Makanan yang kedua adalah makanan yang mengandung tinggi gluten. Dan yang ketiga adalah minyak yang terhidrogenasi.

Tips Ke-2 Cara Menghilangkan Jerawat
Selanjutnya adalah tips yang kedua, Tips yang kedua ini adalah 3 jenis makanan yang harus ada dalam menu anda.

Jadi, makanan yang pertama adalah makanan yang tinggi serat. Serat di sini berfungsi untuk membunuh bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus dan pencernaan anda. Selain itu, serat juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh anda. Tetapi ingat, anda harus berhati-hati dalam memilih minuman yang berserat. Sekarang banyak sekali iklan-iklan minuman kemasan yang mengatakan tinggi serat. Sebenarnya minuman-minuman ini tinggi kadar gula juga. Jadi, percuma jika anda minum minuman seperti itu. Anda harus membaca di kemasannya berapa kadar gulanya.

Kemudian yang kedua adalah protein. Protein merupakan hal yang penting dan harus ada di dalam makanan anda.

Di sini protein berfungsi untuk bahan baku antibodi, sehingga dapat meningkatkan sistem imun anda. Dengan sistem imun yang baik, tentu saja akan memperbaiki sel-sel di dalam tubuh anda dengan sendirinya. Kemudian anda juga harus bisa memilih sumber protein yang baik. Anda bisa memilih sumber-sumber protein dari nabati dan hewani.

Kemudian yang harus ada dalam menu makanan anda yang ketiga adalah lemak yang baik. Lemak yang baik disini contohnya adalah omega-3.

Lemak yang Baik
Lemak yang Baik

Yaitu dari minyak ikan atau minyak kelapa. Lemak yang baik contohnya seperti omega-3 tadi yang dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh anda.

Tips Ke-3 Cara Menghilangkan Jerawat
Tips yang ketiga adalah anda harus mengkonsumsi suplemen yang dapat mengatasi jerawat anda. Jadi suplemen yang pertama adalah suplemen yang mengandung Probiotik. Contoh sumber makanan yang mengandung probiotik diantaranya Yogurt, Tempe, Kimchi, Pisang Hijau, Kefir (Susu Kambing), Acar Mentimun dan lain-lain .

Probiotik ini merupakan bakteri baik yang dapat membantu anda untuk melawan bakteri jahat. Dan bakteri baik atau yang kita sebut flora normal ini terdapat pada usus besar anda atau saluran pencernaan anda. Mengapa kita harus mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik? Karena 70% sistem imun anda sebenarnya terdapat pada saluran pencernaan anda. Jika anda ingin memiliki sistem imun yang baik, maka anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan atau suplemen yang mengandung probiotik.

Suplemen yang kedua adalah Zinc. Zinc di sini dapat membantu untuk memperbaiki lapisan usus anda atau jaringan epitel usus anda. Jadi, dengan sendirinya sistem imun anda akan meningkat jika usus anda baik.

Kemudian yang ketiga adalah Antioksidan. Peran antioksidan disini adalah melawan radikal bebas. Contohnya ketika anda mengkonsumsi gorengan dengan minyak yang dimasak berulang kali. Atau radikal bebas yang dihasilkan oleh tubuh anda, dan radikal bebas yang dihasilkan oleh proses dari metabolisme bakteri jahat itu tadi.

Jadi ketiga suplemen tersebut sangat membantu anda dalam mengatasi jerawat yang sangat membandel.

Tips Ke-4 Cara Menghilangkan Jerawat
Kemudian tips yang keempat adalah gunakan sabun pencuci wajah yang mengandung tea tree oil. Mengapa? Karena tea tree oil mengandung minyak minyak esensial yang dapat membunuh bakteri secara alami pada kulit wajah anda atau kulit punggung anda. Tea tree oil juga mempunyai aroma yang khas dan anda harus menggunakannya secara teratur. Jangan anda gunakan hari ini, lalu besoknya lupa. Anda harus menggunakannya secara teratur dan konsisten jika ingin mendapatkan hasil yang baik.

Baiklah, semoga 4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel ini dapat dipahami dan dapat anda lakukan setiap hari. Semoga bagi anda yang berjerawat bisa cepat sembuh, semoga kulitnya kembali cantik. Untuk berbagi, silahkan tuliskan pengalaman atau saran anda di kolom komentar. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamu'alaikum.

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel pada Wajah atau Punggung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel