4 Solusi Cara Mengatasi Diabetes yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Assalamu'alaikum. Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana terjadinya diabetes, mudah-mudahan dengan mengerti dan memahaminya, maka kita dapat merawat diri dengan lebih baik lagi untuk mencegah penyakit diabetes ini.

Setelah pembahasan tentang Penyebab dan Jenis Penyakit Diabetes Mellitus, dan pembahasan lainnya tentang jawaban dari pertanyaan seperti Apakah Diabetes Bisa Sembuh? dan Pertanyaan Populer Lainnya (Kencing Manis), kali ini kita akan membahas topik yaitu tentang : “4 Solusi yang Dapat Anda Lakukan di Rumah Apabila Anda Mengatasi Diabetes atau Kencing Manis”.

4 Solusi Cara Mengatasi Diabetes yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Seperti kita ketahui ada beberapa faktor seperti ras, warna kulit, usia, dan jenis kelamin. Itu tidak dapat kita ubah walaupun sekarang banyak yang melakukan operasi ganti kelamin dari pria menjadi wanita. Dan fokus kali ini yang ingin dibahas adalah bagaimana solusi yang dapat kita lakukan di rumah dengan cara mengubah faktor-faktor yang dapat kita ubah.

Misalkan anda mengalami obesitas. Anda dapat menurunkan berat badan anda. Bagi anda yang kecanduan rokok, alkohol, atau makanan manis, anda juga dapat menguranginya. Dan bahkan, anda dapat berhenti total. Mengatur pola makan yang baik dan olahraga rutin juga dapat anda lakukan sehari-hari.

Jadi, disini kita akan berbagi 4 Solusi Cara Mengatasi Diabetes yang dapat dilakukan di rumah.

Solusi yang pertama adalah diet. Diet yang dimaksud disini adalah mengatur pola makan anda. Kunci dari menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol atau tetap normal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Yaitu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Mungkin ada yang bertanya ke dokter, “Dok, kalau saya diabetes, bolehkah saya makan buah durian?”. Dokter menjawab sebenarnya tidak boleh. Karena buah durian mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga membuat lonjakan pada kadar gula darah anda.

Apa itu karbohidrat kompleks?. Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini banyak ditemukan di dalam beberapa jenis makanan , seperti kacang polong, gandum, roti, atau nasi.

Dan, Apa itu karbohidrat dengan indeks glikemik rendah?, kita akan membahasnya secara singkat di sini. Indeks glikemik merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat atau seberapa lambat makanan tersebut menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah cenderung melepaskan glukosa (gula) secara perlahan, sehingga tidak banyak meningkatkan kadar gula darah. Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Pelepasan glukosa yang lebih lambat dari makanan dengan indeks glukosa rendah dapat membantu para diabetesi dalam mengendalikan gula darah.

Contoh makanan yang mengandung indeks glikemik rendah adalah: Beras merah, Roti gandum, Buah-buahan, seperti apel, pisang, jeruk, pir, salak, Sayuran, seperti bayam, kangkung, brokoli, kale, sawi, selada, kol, wortel, Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang mede, kacang arab, kacang merah.

Selain itu, makanlah dengan interval yang teratur. Dengan kata lain, jadwal anda harus tepat. Dan sekali makan, jangan langsung makan dalam porsi yang besar. Ketika anda makan dengan porsi yang besar, apalagi dengan makanan tinggi gula, kadar gula darah anda akan melonjak naik dan mengakibatkan pankreas anda bekerja lebih keras menghasilkan insulin di luar batas normal.Atau jumlahnya melebihi batas normal. Hal ini akan memperberat dan akan memperparah penyakit anda.

Kemudian, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk anda. Makanan yang dapat anda konsumsi antara lain adalah : kacang kedelai, kacang merah, dan beberapa jenis kacang-kacangan. Kemudian, anda boleh menambahkan ubi, tahu, labu, seledri, bayam, kol, lobak, kemudian quinoa, oats, ikan, dan putih telur. Anda juga bisa mengkonsumsi low fat yoghurt dan daging ayam tanpa lemak. Yoghurt yang dimaksud disini adalah yoghurt plain. Jangan mengkonsumsi yoghurt dengan banyak gula, apalagi banyak lemak. Dan ini semua adalah makanan-makanan yang dianjurkan dan baik untuk anda, terutama bagi penderita diabetes. Kemudian, anda juga harus menghindari makanan-makanan yang mengandung tinggi gula. Terutama makanan-makanan olahan, minuman-minuman bersoda, permen, madu, alkohol, dan rokok. Kafein yang berlebihan juga dapat menganggu sistem metabolisme di dalam tubuh anda. Semoga diet atau pola makan ini dapat membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh anda.

Kemudian yang kedua adalah suplemen. Jadi, anda boleh menambahkan suplemen untuk anda konsumsi sehari-hari. Suplemen yang pertama adalah chromium. Dimana chromium dapat mengurangi kadar gula di dalam darah. Sebaiknya anda konsumsi secara teratur, setidaknya kurang lebih selama 2 bulan agar anda bisa melihat hasilnya. Dan tentu saja harus diimbangi dengan yang nomor satu tadi. Jika anda hanya mengkonsumsi suplemen saja, tetapi makanan anda masih ‘sembarangan’, lupakan saja jika anda ingin gula darah anda terkontrol.

Kemudian, vitamin yang selanjutnya adalah vitamin E, vitamin B kompleks, coenzyme Q10, dan L-carnitine. Jadi, beberapa jenis vitamin ini telah diteliti dapat membantu mengontrol gula di dalam darah anda.

Solusi yang ketiga adalah berolahraga atau aktivitas fisik. Olahraga yang dimaksud di sini terutama bagi anda yang pemula. Yang sebelumnya anda tidak pernah berolahraga dan pekerjaan anda hanya duduk atau berbaring saja, anda bisa memulai olahraga dengan berjalan cepat. Dan yang dianjurkan adalah anda berjalan cepat paling sedikit selama 30 menit. Kalau bisa, anda teruskan selama 1 jam. Olahraga ini sangat baik untuk membantu metabolisme di dalam tubuh anda. Kemudian olahraga lain yang dapat anda lakukan adalah bersepeda, berenang, dan lakukanlah olahraga aerobik kesukaan anda. Dimana semua jenis olahraga ini dapat memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh anda. Jika metabolisme di dalam tubuh anda baik, maka sistem di dalam tubuh anda semuanya dapat bekerja dengan baik.

Kemudian, yang keempat adalah hal-hal yang perlu anda hindari. Kalau bisa, anda hentikan. Yaitu yang pertama adalah duduk terus-menerus dalam waktu lama. Kemudian, berusahalah untuk lebih aktif melakukan kegiatan fisik/melakukan aktivitas. Kemudian yang perlu anda hindari yang kedua adalah stress dan gejolak emosi yang negatif. Sebenarnya ketika anda membenci suatu benda, membenci orang lain ataupun membenci binatang peliharaan tetangga, itu tidak melukai mereka. Tetapi melukai diri anda sendiri. Dengan seperti ini, sebenarnya anda telah merusak sistem di dalam tubuh anda. Termasuk metabolisme di dalam tubuh anda. Stress berlebihan juga berdampak pada sistem pencernaan anda. Dan bagi anda penderita diabetes, sebaiknya anda berlatih untuk mengurangi stress, stress management, dan melatih emosi anda.

Kemudian yang perlu anda hindari lagi yang ketiga adalah cemas yang berlebihan. Banyak orang yang mengalami cemas berlebihan karena mereka terlalu khawatir dengan nasib mereka di masa depan atau mereka selalu mengingat masa lalu. Mungkin bahasa kerennya sekarang adalah tidak mudah untuk move on. Ini adalah bahasa anak muda, semoga anda dapat mengerti. Sebenarnya saya bukan melarang anda melakukan perencanaan untuk masa depan anda. Anda boleh melakukan perencanaan, tetapi tidak untuk khawatir berlebihan. Belum apa-apa anda sudah takut. “Kalau saya melakukan ini bagaimana? Bagaimana kalau nanti saya rugi dan sebagainya?”. Anda bisa melakukan perencanaan dengan baik, anda bisa berkonsultasi dengan mentor anda. Carilah mentor yang baik untuk anda. Atau carilah teman yang dapat anda ajak untuk diskusi mengenai masa depan anda. 

Kemudian, yang perlu anda hindari selanjutnya adalah makanan olahan dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Makanan dengan indeks glikemik tinggi mengandung karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi. Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi adalah kentang, nasi putih, gula, roti putih, minuman bersoda, dan minuman manis.

Demikianlah 4 Solusi Cara Mengatasi Diabetes yang dapat anda lakukan di rumah dan dapat anda lakukan setiap hari bagi anda yang menderita diabetes. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum.

Belum ada Komentar untuk "4 Solusi Cara Mengatasi Diabetes yang Dapat Anda Lakukan di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel