4 Resep Slime dan Belajar Cara Membuatnya Sendiri

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membuat Slime atau "goop" Anda sendiri untuk kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan? Non-Newtonian cairan yang menarik untuk segala usia dan memberikan kesempatan belajar yang besar tentang kimia.

Inilah empat resep Slime populer.

4 Resep Slime dan Belajar Cara Membuatnya Sendiri
4 Resep Slime dan Belajar Cara Membuatnya Sendiri

Resep Slime Sederhana

Versi slime (atau Gak) yang terbuat dari lem dan borax.

Cara Membuat Slime Sederhana
Slime Sederhana

Bahan-Bahan Membuat Slime Sederhana:

  1. Lem sekolah
  2. Borax (natrium tetraborate)
  3. Pewarna makanan (opsional)
  4. Air
  5. Dua mangkuk

Cara Membuat Slime Sederhana:

  1. Dalam satu mangkuk campuran sekitar 30 ml lem (sekitar 1/4 dari botol lem) dan 1/4 cangkir air. Jika Anda ingin berwarna Slime, tambahkan pewarna makanan untuk campuran lem dan air. Angkat beberapa larutan keluar dari wadah dengan tongkat pengaduk dan catat apa yang terjadi.
  2. Tambahkan 1/4 cangkir natrium tetraborate (Borax) solusi untuk campuran lem dan air dan aduk perlahan.
  3. Slime akan mulai terbentuk segera. Angkat beberapa larutan dengan Stir Stick dan amati bagaimana konsistensi berubah dari langkah 1.
  4. Aduk sebanyak yang Anda bisa, kemudian menggali dan Uleni dengan tangan Anda sampai mendapat kurang lengket. Ini adalah pengalaman berantakan tetapi diperlukan karena memungkinkan dua senyawa untuk ikatan sepenuhnya. Jangan khawatir tentang sisa air dalam mangkuk; hanya menuangkan itu.
  5. Ketika tidak digunakan, menyimpan Slime dalam kantong plastik di lemari es untuk tetap dari tumbuh jamur.

Hasil:
Lem memiliki bahan yang disebut Polivinil asetat, yang merupakan polimer cair. Boraks menghubungkan molekul Polivinil asetat satu sama lain, menciptakan sebuah polimer besar dan fleksibel. Jenis Slime akan semakin kaku dan lebih seperti dempul semakin Anda bermain dengan itu. Bereksperimen dengan lem yang berbeda untuk melihat apakah mereka menciptakan Slime (misalnya, lem Carpenter, norak lem, dll).

Super Slime

Jenis kedua Slime adalah jenis yang sama jelas lengket yang Anda lihat dalam Film. Ini adalah kesepakatan lengket nyata! (Slime ini tidak beracun, tapi masih menjaga bahan kimia ini jauh dari anak tanpa pengawasan dan mencuci tangan Anda setelah bermain dengan Slime.)

Cara Membuat Super Slime
Super Slime

Bahan-Bahan untuk Membuat Super Slime:

  1. Polyvinyl alkohol (PVA)
  2. Borax (natrium tetraborate)
  3. Beaker (Gelas/Bejana) atau Jar (Toples)
  4. Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat Super Slime:

  1. Tuangkan 1/2 cangkir Polivinil alkohol (PVA) solusi menjadi gelas, stoples, atau mangkuk. Jika Anda ingin berwarna Slime, tambahkan pewarna makanan untuk larutan PVA dan aduk dengan tongkat aduk.
  2. Tambahkan 2 sendok teh natrium tetraborate (Borax) solusi ke solusi PVA dan aduk perlahan.
  3. Cobalah mengangkat beberapa solusi dengan tongkat aduk dan perhatikan apa yang terjadi.
  4. Setelah Slime terbentuk, Anda dapat bermain dengan itu. Hanya tidak memakannya!
  5. Slime Anda akan bertahan lebih lama jika Anda menyegel dalam kantong plastik dan menyimpannya dalam kulkas, jika tidak maka akan kering atau jamur.

Hasil:
Polyvinyl alkohol (PVA) adalah polimer cair dan karena itu terbentuk dari rantai panjang molekul yang terhubung. Natrium tetraborat membentuk ikatan hidrogen dengan oksigen yang ada dalam rantai PVA. Ikatan hidrogen terjadi ketika muatan positif dari atom hidrogen menarik muatan negatif dari atom oksigen dalam senyawa. Ikatan hidrogen link individu PVA helai satu sama lain, menciptakan "gumpalan" Slime. Karena ikatan hidrogen lemah, mereka akan pecah dan mereformasi saat Anda memegang Slime atau membiarkannya mengalir ke permukaan yang datar.

Glooze Slime

Zat ini terbuat dari susu.

Cara Membuat Glooze Slime
Glooze Slime

Bahan-Bahan untuk Membuat Glooze Slime:

  1. Susu skim
  2. Cuka
  3. Baking soda
  4. Filter kopi

Cara Membuat Glooze Slime:

  1. Tambahkan 7 sendok makan susu skim untuk secangkir dan tambahkan 1 sendok makan cuka untuk susu. Aduk perlahan campuran sampai padat terbentuk.
  2. Biarkan padatan tenggelam ke bagian bawah campuran dan kemudian mengalirkan Liquid menggunakan filter (filter kopi bekerja dengan terbaik). Biarkan padatan mengalir selama beberapa menit.
  3. Tambahkan 1/4 sendok teh baking soda untuk padatan dan Uleni bersama untuk membentuk campuran berlemit dari susu.

Hasil:
Ketika Anda menambahkan cuka ke susu, itu menyebabkan protein susu, kasein, yang juga polimer, untuk memisahkan dari cairan bagian dari susu dan rumpun bersama-sama untuk membentuk padatan. Kasein digunakan dalam perekat, cat, dan bahkan plastik. Baking soda menetralkan asam ditambahkan, yang memungkinkan kasein untuk kembali ke bentuk cair.

Oobleck atau Quicksand Slime

Membuat cairan non-Newtonian yang menyerupai pasir apung menggunakan tepung jagung.

Cara Membuat Oobleck atau Quicksand Slime
Oobleck atau Quicksand Slime

Bahan-Bahan untuk Membuat Oobleck atau Quicksand Slime:

  1. Tepung jagung
  2. Air
  3. Sebuah mangkuk besar

Cara Membuat Oobleck Slime atau Quicksand Slime:

  1. Dalam mangkuk plastik pencampuran, menggabungkan sejumlah kecil air dan tepung jagung bersama-sama untuk membentuk campuran yang terlihat seperti whipping cream berat dan memiliki konsistensi madu. Rasio perkiraan tepung jagung untuk campuran air adalah 2 cangkir tepung jagung untuk 1 cangkir air. Jadi jika Anda menggunakan semua kotak berukuran biasa dari tepung jagung (sekitar 500gram.), Anda akan menggunakan sekitar 1 1/2 cangkir air. Cara terbaik adalah untuk memulai dengan sedikit air dan perlahan-lahan menambahkannya sampai konsistensi yang diinginkan tercapai.
  2. Setelah membuat campuran Anda, lembut meletakkan tangan Anda pada permukaan campuran tepung jagung-air. Anda harus memperhatikan bahwa tangan Anda tenggelam dalam campuran seperti Anda akan mengharapkan untuk melakukan. Gerakkan tangan Anda melalui campuran, perlahan-lahan pertama dan kemudian mencoba untuk bergerak sangat cepat. Apakah lebih mudah untuk menggerakkan tangan Anda perlahan-lahan atau cepat melewatinya?
  3. Jika campuran Anda cukup dalam untuk merendam seluruh tangan di dalamnya, cobalah meraih segenggam campuran dan menarik tangan Anda dengan cepat. Kemudian coba lagi, kali ini santai tangan Anda dan menariknya keluar perlahan-lahan. Apakah Anda melihat perbedaan?
  4. Coba meninju campuran tepung jagung-air. (Berhati-hatilah untuk tidak melukai diri sendiri di mangkuk!) Pastikan untuk memukul substansi keras dan tarik tinju Anda kembali dengan cepat. Apakah zat yang memerciki di mana-mana atau itu tetap dalam mangkuk? (Jika itu splattered, tambahkan lebih banyak tepung jagung.)
  5. Setiap kali Anda lembut dan perlahan-lahan menggerakkan tangan Anda melalui campuran air tepung jagung, itu berperilaku seperti cairan. Tetapi ketika Anda mencoba untuk menggerakkan tangan Anda melalui dengan cepat atau tegas memukul substansi, berperilaku seperti padat. Campuran air tepung jagung ini berperilaku sama dengan pasir apung.

Hasil:
Aliran dan gerakan cairan dipengaruhi oleh viskositas, atau bagaimana lengket dan tebal itu. Pasir apung dan campuran air maizena adalah cairan non-Newtonian. Viskositas non-Newtonian berubah dengan jenis gaya yang diterapkan padanya. Viskositas Fluida Newtonian (seperti air dan madu, yang mengikuti hukum viskositas Sir Isaac Newton) hanya bergantung pada suhu dan tekanan fluida, bukan gaya yang diterapkan padanya. Misalnya, madu hangat (kurang kental) mengalir jauh lebih bebas daripada madu dingin (lebih kental).

Karena kemampuan fluida non-Newtonian bergerak tergantung pada kekuatan atau tekanan yang diterapkan, cairan ini tidak bertindak seperti yang kita lebih akrab dengan (misalnya, madu atau air). Tekanan cahaya, seperti menuangkan atau dengan lembut menekan campuran air tepung jagung, memungkinkan untuk bergerak seperti cairan.

Belum ada Komentar untuk "4 Resep Slime dan Belajar Cara Membuatnya Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel