15 Ide Bisnis Online Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal

15 Ide Bisnis Online Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal
15 Ide Bisnis Online Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal

Selain untuk memudahkan berkomunikasi, teknologi yang ada di zaman ini sangat berguna untuk mengembangkan sebuah bisnis online. Bisnis online di zaman serba canggih sedang menjadi trend, karena memang bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun asalkan memiliki perangkat untuk terhubung dengan internet. Dari bisnis online kecil dan sederhana sampai bisnis online dengan omset miliaran rupiah.

Pelaku bisnis online saat ini cenderung meningkat dan menjadi trend karena memang tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Namun keuntungan yang didapat bisa berlimpah karena akses menyebarkan sebuah produk bisa dilakukan tanpa batas kota, wilayah, bahkan negara.

Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat, ini juga yang menjadi alasan beberapa perusahaan besar seperti tokopedia, lazada, bukalapak, gojek dan perusahaan startup lainnya sedang berlomba menguasai ceruk pasar Indonesia.

Berikut data pertumbuhan pengguna internet di tahun 2019, update Maret 2019;

Internet Users in the World by Region March 2019
Internet Users in the World by Region March 2019
Internet Users in the World by Geographic Regions March 2019
Internet Users in the World by Geographic Regions March 2019

World Internet Usage and Population Statistics March 2019
World Internet Usage and Population Statistics March 2019
Data Pengguna Internet Indonesia Maret 2019
Data Pengguna Internet Indonesia Maret 2019

Data di atas di dapat dari Internet Word Stats. Pertumbuhan pengguna Internet tersebut menjadi magnet yang luar biasa bagi Anda yang akan menekuni bisnis online.

Dan berikut 15 Bisnis Online yang membutuhkan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali.

1. Bisnis Online Fashion

1. Bisnis Online Fashion
1. Bisnis Online Fashion

Saat ini bisnis fashion masuk dalam kategori bisnis online terbaik di dunia. Pasalnya, target pasar yang dituju oleh bisnis ini cukup pas dan menjadi sebuah kebutuhan utama dikalangan masyarakat dunia. Terlebih, di Indonesia sendiri target pasar fashion yang bisa dibidik sangatlah luas. Mulai dari jilbab, baju anak hingga dewasa, celana, rok, gamis, dan lain sebagainya. Dari beragam jenis fashion tersebut bisa Anda pilih salah satu atau fokus pada satu kategori yang Anda minati. Selanjutnya bisa dibuat target pasar, apakah fokus untuk anak, remaja, dan dewasa.

Membuka bisnis online ini tak perlu menyewa tempat dan modal yang  besar. Karena sejatinya bisnis online termasuk gratis yang bisa dipasarkan lewat hp melalui akun sosial media yang Anda miliki. Selain bisa diposting lewat sosial media, Anda pun bisa memasarkannya lewat marketplace yang ada di  Indonesia. Beragam marketplace di Indonesia telah hadir dengan memiliki kelebihan tersendiri Maka tugas Anda selanjutnya adalah memilih marketplace yang sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa memulainya dengan mencari pihak supplier yang menjualkannya secara online. Tugas Anda hanya memasarkan dan memastikan proses jual beli berjalan dengan lancar dan benar.

2. Bisnis Afiliasi

2. Bisnis Afiliasi
2. Bisnis Afiliasi

Daftar bisnis online yang menjanjikan berikutnya adalah bisnis afiliasi. Bisnis tersebut memang masih tergolong awam terutama untuk seseorang yang baru terjun ke dunia bisnis online.

Bisnis afiliasi ini yaitu mempromosikan sebuah produk yang dimiliki orang lain. Kemudian ketika ada seseorang yang membeli produk tersebut lewat Anda, maka Anda akan mendapatkan fee dari penjualan produk tersebut. Biasanya, bisnis afiliasi ini banyak ditemukan di situs website yang memiliki pengunjung yang cukup besar setiap harinya. Adapun cara kerja menjalankan bisnis online afiliasi ini adalah sebagai berikut; Pastikan Anda untuk memiliki website dengan pengunjung yang cukup banyak setiap harinya. Mendaftar ke pihak penyelenggara program afiliasi. Jika disetujui, maka pihak penyelenggara akan mengirimkan kode produk untuk dipasang di website Anda. Jika ada pengunjung website yang membeli sebuah produk lewat kode yang dicantumkan di website Anda, maka Anda akan menerima fee dari pembelian produk. Untuk produk-produk yang digunakan pada bisnis afiliasi ini adalah; penjualan ebook, training, seminar, dan lain sebagainya.

3. Bisnis Online Youtuber

3. Bisnis Online Youtuber
3. Bisnis Online Youtuber

Youtube adalah website berbagi video yang memungkinkan kita memotetisasi atau menguangkan video-video kita dengan memasangkan iklan dari Google Adsense. Youtuber saat ini tengah menjadi profesi dan juga bisnis yang menjanjikan. Pasalnya, dari ide-ide kreatif yang berani untuk ditampilkan tersebut bisa menghasilkan pendapatan yang “wah” setiap bulannya. Untuk memulai bisnis ini tak perlu mengeluarkan modal, yang diperlukan adalah kreatifitas untuk bisa menampilkan konten video yang sangat menarik. Para youtuber tentunya akan mendapatkan penghasilan dari iklan adsense yang mereka pasang di videonya. Bila trafik video tersebut banyak, maka kemungkinan besar untuk mendapatkan penghasilan akan cukup banyak. Terlebih bila video yang Anda buat sudah benar-benar tertaget dan sesuai dengan segmentasi pasar yang Anda bidik. Di Indonesia sendiri sudah banyak youtuber yang cukup sukses yang berpenghasilan ratusan sampai milyaran, sebut saja Ria Ricis, Ria Ricis pada mulanya dikenal sebagai selebgram dan kemudian dikenal sebagai youtubers. Video yang sering diuploadnya berupa tayangan kocak, menggemaskan dan sangat menghibur semua orang. Selain mereka, ada juga youtubers Indonesia lainnya yang telah sukses menghasilkan pundi-pundi dolar dari akun channel yang dibuatnya. Intinya, ketika Anda ingin menjadi seorang youtubers buatlah konten yang menarik, unik, dan bernilai manfaat.

4. Bisnis Pengembang Software

4. Bisnis Pengembang Software

Bisnis pengembang software yang dimaksud ini adalah bisnis untuk Anda yang memang ahli dalam hal pemprograman. Anda bisa membuat sebuah software yang menarik dan unik kemudian dijual kepada perusahaan yang bergerak dibidang teknologi. Contoh software sederhana yang bisa Anda buat adalah seperti membuat game. Setelah game yang dibuat tersebut selesai dibuat, maka bisa Anda jual ke perusahaan berbasis teknologi yang memang memerlukannya. Selain itu bisa pula menjadi pengembang software freelancer, dimana Anda membantu sebuah perusahaan untuk dibuatkan software yang menunjang kemajuan perusahaan. Entah itu dari pengembangan software komunikasi, keuangan, keamanan, dan lain sebagainya.

Salah satu software yang termahal di dunia adalah CryEngine2 yang merupakan mesin game untuk komputer first person shooter game far cry. Software tersebut disinyalir sebagai perangkat yang paling mahal dalam waktu beberapa tahun ini. Belakangan game ini menjadi populer karena digaet oleh NVIDIA untuk sebuah permainan yang cukup booming. Harga software tersebut dibanderol dengan harga 200,000 US Dollar.

Intinya, dalam mengembangkan bisnis online software ini harus memiliki keberanian untuk mencoba. Bisa jadi, apa yang Anda buat hari ini akan berguna di masa depan.

5. Bisnis Online Menjual Plugin dan Template WordPress

5. Bisnis Menjual Plugin dan Template Wordpress
5. Bisnis Menjual Plugin dan Template Wordpress

WordPress adalah aplikasi website berbasis open source. Wordpress saat ini tengah menjadi primadona dikalangan pebisnis online. Dari wordpress tersebut para pebisnis online bisa meraup keuntungan yang berlimpah dari iklan yang dipasang di situs tersebut. Seiring dengan banyaknya pengguna wordprees, banyak situs-situs yang menjual plugin wordpress dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal hanya berkisar $12-$58.Namun harga tersebut tidak seberapa Namun harga tersebut tidak seberapa apabila dibandingkan dengan pengguna situs wordpress yang mencapai 74.652.825 yang tersebar di seluruh dunia. Artinya Anda akan mendapatkan peluang dan keuntungan yang besar dari jumlah pengguna situs wordpress tersebut, apabila menjual plugin dan juga templatenya. Untuk melihat contoh penjualan template wordpress sendiri bisa dengan mengunjungi codecanyon.net ataupun themeforest.net. Para penjual tersebut bisa melakukan transaksi dalam seminggu dengan keuntungan ratusan juta hingga miliyaran rupiah dengan menjual 1.500 kopi dalam seminggunya.

6. Bisnis Online Blogger

6. Bisnis Online Blogger
6. Bisnis Online Blogger

Bisnis online Blogger ini sangat cocok untuk Anda yang suka dalam hal tulis menulis. Karena blog tersebut memang memfasiltiasi siapapun yang senang menulis. untuk bisa mengisi platformnya dengan tulisan-tulisan yang unik, bermanfaat dan juga menarik Tulisan yang ditulis pun beraneka ragam, bisa tentang wisata, kuliner, teknologi, politik, karya sastra dan lain sebagainya. Blog tersebut semakin hari semakin berkembang dimana Anda bisa menampilkan iklan yang bekerja sama dengan pihak google adsense. Dari tulisan yang Anda tulis apabila mendatangkan minat dan trafik yang baik maka akan sebanding dengan pendapatan iklan yang Anda dapat. Tentunya selain menampilkan tulisan, tugas Anda selanjutnya adalah mendatangkan visitor blog sebanyak mungkin. Cara yang ditempuh untuk mempromosikan blog pun beragam, diantaranya adalah dengan membagikan tulisan Anda di media sosial. Kemudian, bisa pula bekerjasama dengan website besar yaitu viva.co.id untuk mengirimkan tulisan blog Anda. Bila sesuai dengan kriteria, maka blog Anda akan dipromosikan oleh situs tersebut.

Bisnis online blogger ini apabila ditekuni akan menjadi sesuatu yang sangat bernilai dan cukup menjanjikan. Karena penghasilan yang Anda dapat minimal $10- $2000 USD tergantung dengan usaha dan strategi yang Anda terapkan untuk memboomingkan blog Anda. Namun, jangan sekali-kali melakukan hal yang curang. Karena bila terdeteksi melakukan pelanggaran blog, Anda akan dibanned serta kemungkinan besar pendapatan yang di dapat tak akan bisa dicairkan.

7. Bisnis Online Copywriter

7. Bisnis Online Copywriter
7. Bisnis Online Copywriter

Copywriter saat ini tengah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan. Tanpa adanya seorang copywriter seorang pembeli tak akan tertarik atau mau membeli sebuah produk. Ya, karena pada hakekatnya seorang copywriter memiliki peran yang besar untuk mengajak dan mempengaruhi seseorang untuk bisa membeli produk tersebut. Seorang copywriter memiliki tugas kreatif lewat kata-kata yang disematkan pada sebuah produk agar bisa menarik perhatian customer. Kata-kata yang dituliskan pun tak sebanyak menulis buku atau blog, cukup dengan beberapa kalimat yang menggugah seseorang agar tertarik untuk membeli. Lebih lengkapnya lagi mengenai pekerjaan seorang copywriter ini adalah menuliskan sebuah teks iklan dengan bahasa yang menarik dan tersegmentasi atau tepat sasaran. Bisa dibilang mereka adalah marketing yang siap mempromosikan sebuah produk lewat kata-kata yang bersifat promotif. Jika Anda seorang penulis, maka pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda. Yang diperlukan adalah banyak membaca situasi dan kondisi untuk target penjualan yang akan Anda tuju.

8. Bisnis Online E-Book

8. Bisnis Online E-Book
8. Bisnis Online E-Book

Bisnis online E-Book bisa dibilang sebagai bisnis online terbaru di bidang penulisan. Dikatakan baru karena memang mengubah frame para penulis untuk bisa memasarkan bukunya secara digital. Pada umumnya, ketika para penulis selesai mengerjakan sebuah buku mereka akan mencari penerbit untuk bisa menerbitkan buku dalam bentuk buku pada umumnya. Rupanya, seiring dengan berjalannya waktu,para penerbit di Indonesia maupun di dunia sudah mempertimbangkan untuk mencetak buku digital yang dikenal dengan electronic book atau e-book. Tentunya dengan adanya inivasi terbaru ini, para penulis maupun penerbit tak perlu memerlukan biaya cetak ataupun publikasi ke setiap toko buku. Bisnis e-book ini sudah mulai diminati oleh para pelaku bisnis terutama untuk para penulis. Karenanya sudah ada sebuah situs yang banyak menjual e-book dengan kulaitas yang terbaik seperti Kindle Direct Publishing atau lebih dikenal dengan kdp.amazon.com. Dalam situs tersebut terdapat banyak e-book dengan genre fiksi maupun non fiksi. Rata-rata buku yang dijual memiliki 5000 kata yang dibanderol dengah harga $2-$3,5. Para penulis yang memiliki karyanya bisa dipasarkan melalui situs tersebut dengan nantinya akan diberikan sebuah royalti sebesar 35% dari harga yang dijual. Untuk situs lokal, selain bisa menulis di nulisbuku.com Anda pun bisa bekerjasama dengan penerbit digital bitread. Mereka sudah banyak menerima tulisan non fiksi maupun fiksi untuk bisa diterbitkan buku secara digital dalam bentuk e-book. Untuk Anda yang senang menulis baik itu fiksi maupun nonfiksi, segeralah ambil kesempatan tersebut agar bisa berkarya dan berbisnis online gratis tanpa modal yang cukup besar.

9. Bisnis Penerjemah

9. Bisnis Penerjemah
9. Bisnis Penerjemah

Zaman globalisasi yang mendominasi saat ini sangat mempermudah sebuah negara untuk menjalin kerjasama di bidang apapun. Sayangnya, hal tersebut tak didukung dengan peningkatan keahlian bahasa asing yang dimiliki setiap warganya. Sehingga membuat sebuah perusahaan atau lembaga sangat memerlukan orang berkompeten mengerti dan memahami bahasa asing tersebut. Biasanya mereka sangat memerlukan penerjemah baik itu untuk bertemu langsung atau sekedar menerjemahkan naskah, proposal, dan dokumen lainnya yang bersifat penting. Nah, dari sanalah peran seorang penerjemah sangat diperlukan. Sehingga untuk Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang bahasa asing bisa dijadikan sebuah peluang bisnis online yang menjanjikan Untuk praktek pelaksanaannya memang banyak dilakukan secara offline.

Namun untuk memasarkannya bisa dengan online lewat media sosial. Anda bisa mempromosikan diri dengan membuat sebuah portofolio yang merekam jejak menerjemah yang pernah Anda lakukan. Selain lewat media sosial, Anda pun bisa memasukkan data diri lewat situs-situs penghubung, yang menghubungkan antara pemilik keahlian dengan klien. Situs yang dimaksud antara lain adalah sribulancer.com, upwork, onehourtranslation, dan juga fiverr.com. Ruang lingkup pekerjaan seorang penerjemah pun beragam, diantaranya adalah menerjemahkan sebuah buku, dokumen, naskah, dan lain sebagainya yang memang bisa dikerjakan secara online.

Selain itu ada pula perusahaan yang memerlukan penerjemah ketika berhadapan dengan klien asing. Maka secara otomatis, ruang lingkup kerja yang bisa dilakukan adalah secara offline bukan online. Jangan ragu untuk memulai bisnis ini, karena tarif yang diberlakukan bisa mencapai kisaran ratusan juta sesuai dengan kontrak yang diberlakukan oleh klien.

10. Bisnis Online Pulsa

10. Bisnis Online Pulsa
10. Bisnis Online Pulsa

Bisnis online pulsa saat ini tengah menjadi sorotan para pebisnis dari berbagai kalangan. Pasalnya, walaupun hasil keuntungan yang didapat bersifat retail, jika digeluti lebih tekun akan menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Semua orang bisa menjadi pelaku bisnis ini karena masuk dalam kategori bisnis online gratis lewat hp. Dikatakan sebagai bisnis online gratis, karena memang untuk memiliki aplikasi penjualannya bisa didownload lewat play store. Jikalau ada yang berbayar, Anda hanya mengeluarkan modal berkisar antara Rp 50,000 – Rp 300,000. Dimana modal tersebut diperuntukkan untuk membeli lisensi aplikasi penjualan pulsa tersebut. Contohnya saja seperti paytren yang dikenal sebagai bisnis penjual pulsa serta transaksi lainnya yang cukup fenomenal. Bisnis online pulsa ini cukup booming dan sudah banyak orang sukses yang lahir dari bisnis tersebut. Selain mendapatkan plan bisnis yang jelas, bisnis online ini masuk dalam kategori bisnis online syariah yang jauh dari riba atau unsur haram di dalamnya. Bisnis online tersebut sangat terpercaya, karena sudah banyak kantor cabang di setiap kota besar Indonesia serta banyak orang yang sukses menjalankann.

11. Bisnis Online Jasa Web Development

11. Bisnis Online Jasa Web Develovment
11. Bisnis Online Jasa Web Develovment

Di era teknologi ini, seseorang yang bergerak di bidang bisnis jasa web development sangat dibutuhkan. Bisa dibilang ini merupakan bisnis online terbaru yang sangat populer dalam kurun waktu terakhir ini. Bisnis online ini merupakan bisnis yang memang banyak dicari oleh perusahaan, instansi, ataupun lembaga, dengan tujuan mempermudah menayanangkan profil, kegiatan, ataupun aktivitas dari perusahaan atau lembaga tersebut. Karena banyaknya permintaan untuk dibuatkan sebuah web, menjadi lahan bisnis tersendiri yang cukup menjanjikan. Sama seperti bisnis online lainnya, untuk mempromosikan jasa web development ini bisa dilakukan secara mandiri dengan menyebarkannya lewat sosial media. Bisa pula mengunakan website resmi lainnya yang bisa menghubungkan Anda dengan klien seperti dalam situs upwork.com, dan juga sribulancer.com.

Jangan ditanya mengenai pendapatan yang akan Anda dapatkan, karena jumlahnya begitu fantastis. Berkisar di angka Rp 1 juta hinga mencapai 200 juta. Hal tersebut tergantung keinginan dan juga kesanggupan dengan kedua belah pihak untuk bekerjasama.

12. Jasa Menaikkan Followers di Media Sosial

12. Jasa Menaikkan Followers di Sosial Media
12. Jasa Menaikkan Followers di Sosial Media

Untuk Anda yang akrab di media sosial baik itu facebook, instagram, twiter dan lain sebagainya,  pastinya sudah akrab dengan sebuah akun yang mengklaim bisa membantu siapapun untuk mendapatkan followers dengan jumlah yang fantastis. Walaupun tergolong sebagai bisnis online terbaru yang cukup unik, bisnis tersebuat mampu membuat seseorang penasaran sehingga ingin bekerjasama untuk meningkatkan followers di media sosialnnya. Tujuan dari banyaknya followers pun bermacam-macam, ada yang diperuntukkan untuk meningkatkan penjualan, ada yang diperuntukkan untuk menjadi “artis” media sosial dan lain sebagainya. Rata-rata harga yang ditarif untuk menaikkan followers ini berkisar diantara Rp 100,000 hingga Rp 500,000 semuanya tergantung dari paket yang Anda pesan. Bila dilihat memang terlihat kecil, namun jangan salah, klien yang memerlukan jasa menambah followers ini cukup banyak dan sangat prospektif untuk kedepannya.

13. Jasa Desain Grafis

13. Jasa Desain Grafis
13. Jasa Desain Grafis

Tak dipungkiri saat ini banyak perusahaan, lembaga, dan juga instansi yang memerlukan tenaga desain grafis untuk pengembangan bisnis atau program yang dijalankannya. Bisnis jasa desain grafis ini bisa mencakup pada pembuatan logo perusahaan, pembuatan kartu nama, banner, spanduk, dan lain sebagainya. Sama seperti bisnis online lainnya untuk memasarkan bisnis ini bisa melalui situs penghubung antara Anda dengan klien. Bisa pula dengan membuat website atau blog yang menampilkan portofolio yang memuat hasil kerja Anda. Bila ditekuni dan dilakukan dengan penuh kesabaran, pendapatan yang bisa diraup dari bisnis ini bisa mencapai hingga miliyaran rupiah.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini, diantaranya yaitu: Terus mengupdate informasi tentang trend yang sedang berkembang di tahun atau bulan ini, terlebih jika pihak pemesan adalah anak muda yang memerlukan sesuatu yang unik dan bersifat kekinian, dengarkan dan penuhi keinginan konsumen. Maksudnya adalah kepuasaan konusmen adalah menjadi tolak ukur Anda ketika bekerjasama. Oleh karena itu penuhi setiap keinginannya selama masih dalam hal kebaikan. Tunjukkan prestasi yang pernah Anda raih. Ketika Anda mengikuti sebuah kompetisi yang berkenaan dengan dunia desain grafis jadikanlah hal tersebut menjadi nilai jual plus Anda untuk klien. Hal ini akan berguna ketika Anda akan memasang tarif untuk kerjasama.

14. Bisnis Penjualan Artwork

14. Bisnis Penjualan Artwork
14. Bisnis Penjualan Artwork

Bisnis penjualan artwork bisa dibilang sebagai bisnis online terbaru yang masih sangat jarang dilakukan. Bisnis artwork ini biasanya menjual stok gambar yang menarik dari foto, lukisan, sketsa dan lain sebagainya. Di negara maju, bisnis ini sudah mulai berkembang, terbukti dengan banyaknya situs website yang memfasiltiasi para penjual artwork untuk menjual karyannya, yaitu: Creativemarket.com, Artworkheroes.com, Society6.com, Etsy.com, Redbubble.com. Situs-situs tersebut menampilkan karya-karya menarik diseluruh dunia yang berkenaan dengan lukisan, skesta, wallppaer, dan lain sebagainya. Tentunya gambar-gambar tersebut tidak bisa diunduh secara gratis, melainkan ada harga yang harus Anda bayar untuk mendapatkan gambar yang diinginkan. Biasanya harga yang dibandrol pun bervariasi mulai dari $1- $1000 tergantung dengan kualitas dari gambar itu sendiri.

15. Bisnis Online Penjualan Hasil Fotografi

15. Bisnis Penjualan Hasil Fotografi
15. Bisnis Penjualan Hasil Fotografi

Jika bisnis online artwork lebih menitik beratkan pada hasil karya gambar lukisan maupun sketsa, lain halnya dengan penjualan hasil fotografi yang memang menjual karya fotografi untuk semua tema. Untuk menjual karya fotografi Anda tentunya sudah didukung oleh situs website. Sehingga membuat bisnis ini masuk dalam kategori bisnis online terpercaya dan juga cukup menjanjikan. Adapun situs yang bisa menjual hasil fotografi adalah shutterstock.com dan juga istockphoto.com. Biasanya foto yang dibanderol di situs tersebut berkisar antara $12 – $100. Harga yang disematkan tersebut tentunya disesuaikan dengan kualitas dari hasil fotografi itu sendiri. Untuk menjalankan bisnis ini, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan yaitu pastikan foto yang Anda jual adalah hasil bidikan sendiri bukan bidikan oran lain. Karena dengan begitu menyangkut dengan hak cipta dari hasil foto tersebut. Upload beberapa gambar fotografi yang Anda miliki ke beberapa situs yang mendukung. Jangan hanya terpaku kepada satu situs penyedia saja, karena dengan begitu peluang hasil fotografi Anda untuk terpampang di sebuah situs akan sangat besar untuk diterima dan juga terjual. Upload foto sesuai dengan kategori yang ditetapkan. Hal ini perlu diperhatikan untuk mengetahui kategori hasil foto Anda. Jangan sampai hasil foto yang Anda bidik dimasukkan pada kategori yang salah. Biasanya dalam situs tersebut ada beberapa kategori yang bisa Anda ketahui yaitu animal, nature, art, people, dan sebagainya. Ikuti perintah dan aturan main untuk menampilkan hasil fotografi yang Anda miliki. Mulai dari tata cara upload, penjualan, hingga mendapatkan bayaran dari penjualan tersebut.

Itulah 15 ide bisnis online yang bisa Anda kerjakan dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sama sekali. Sudah banyak pelaku bisnis yang sukses menjalankan bisnis tersebut, tinggal bagaimana untuk fokus dan sabar menjalankan usahanya. Jadi, tunggu apalagi kini giliran Anda untuk sukses menjalankan bisnis online.

Sebagai penutup, silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah jika Anda memiliki ide usaha kreatif atau ide-ide bisnis online lainnya.

Belum ada Komentar untuk "15 Ide Bisnis Online Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel