Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya kroto bagi pemula.

Pada awalnya budidaya kroto merupakan sesuatu yang masih jarang orang yang mengetahui, karena memang tidak banyak orang yang melakukan budidaya kroto ini. Mungkin yang sering kita lihat kebanyakan orang berternak lembu dan unggas baik di pedesaan maupun di perkotaan. Namun seiring perkembangannya bahwa budidaya kroto ini bisa saja kita manfaatkan sebagai ladang usaha di bidang peternakan, bahkan budidaya kroto ini mulai merambah ke kalangan wirausaha khususnya pengusaha ternak yang mulai memilih kroto sebagai objek peternakan dan sebagai ladang usahanya.

Berikut ini adalah beberapa jenis cara budidaya kroto yang dapat kita praktekan:

Beternak Bibit Kroto dari Alam

Beternak Bibit Kroto dari Alam
Beternak Bibit Kroto dari Alam
Salah satu alternatif yang bisa anda lakukan dalam budidaya bibit kroto ini adalah dengan cara yang alami atau beternak dari alam, sehingga Anda pun perlu mengambil beberapa bibit kroto dari alam bebas. Mungkin anda sering melihat orang-orang di malam hari membawa galah panjang dengan jaring dan senter sebagai penerangan, mereka itu sedang mencari bibit kroto dari alam bebas sehingga dapat dikatakan bahwa cara yang mereka lakukan adalah cara beternak bibit kroto dari alam. Mereka akan menjual hasil tangkapan kroto di malam hari dan menjualnya di pagi hari di pasar. Namun ada juga yang mengambil sarang semut rangrang yang terdapat kroto atau telur rangrang ini untuk diternak bukan untuk dijual. Adapun bebas menentukan mau pilih dijual langsung atau ada ternak terlebih dahulu.

Beternak Bibit Kroto dari Budidaya

Beternak Bibit Kroto dari Budidaya
Beternak Bibit Kroto dari Budidaya
Berbeda halnya dengan beternak bebek kroto dari alam, bahwa beternak kroto di budidaya ini dilakukan dengan cara membeli bibit kroto dari peternak lain. Hal ini bisa anda lakukan sebagai alternatif kedua jika anda sulit mendapatkan kroto dari alam bebas. Namun jika anda menemukannya Anda tidak perlu membeli kroto dari peternak lain, agar anda bisa menghemat biaya dalam budidaya kroto. Walaupun dengan cara membeli kroto ke peternak lain lebih mudah dan lebih efektif dalam pengerjaan budidaya kroto. Selain itu umumnya ketika Anda membeli kroto dari peternak lain Anda akan mendapatkan bibit kroto yang sudah terdapat ratu, prajurit dan semut pekerja dalam satu tempat.

Beternak Bibit Kroto Tanpa Ratu

Beternak Bibit Kroto Tanpa Ratu
Beternak Bibit Kroto Tanpa Ratu
Selain kedua alternatif tadi Anda juga bisa menggunakan alternatif ketiga ini yaitu beternak bibit kroto tanpa adanya ratu semut. Biasanya ratu semut dan kroto ini dijual secara terpisah, dan harga ratu semut pun lebih mahal dibandingkan dengan kroto. Di alternatif ketiga ini jika modal anda dalam budidaya kroto terbatas sehingga Anda bisa membuat ternak bibit kroto tanpa ratu yaitu cukup menggunakan semut rangrang saja. Sebenarnya hal ini sama saja seperti ada beternak bibit kroto dari alam bebas. Peternak bibit kroto tanpa ratu pun tetap bisa dilakukan, karena pada dasarnya bahwa ratu semut itu berawal dari bibit kroto biasa seperti yang lainnya, dengan kata lain Anda yang beternak kroto pun juga bisa menghasilkan ratu semut selama seiringnya waktu sesuai pertumbuhan dan perkembangbiakan yang baik dan benar.

Beternak Bibit Kroto dengan Toples

Beternak Bibit Kroto dengan Toples
Beternak Bibit Kroto dengan Toples
Selanjutnya adalah cara budidaya kroto dengan media toples. Kebanyakan beternak kroto menggunakan toples sebagai media ternak bibit kroto yang fungsinya sebagai rumah semut rangrang dan kroto.

Beternak Bibit Kroto dengan Kardus

Beternak Bibit Kroto dengan Kardus
Beternak Bibit Kroto dengan Kardus
Kelemahannya Ada tidak bisa memantau perkembangan dan pertumbuhan kroto, pemanenan sangat sulit dilakukan dan jika salah kardus maka keroto tidak bisa hidup dengan nyaman.

Demikian sedikit informasi tentang cara budidaya kroto bagi pemula semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Kroto Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel