Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam atau Unggas Lainnya Agar Kandang Tidak Bau

Assalamu'alaikum. Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam atau Unggas Lainnya Agar Kandang Tidak Bau ini adalah referensi bagi anda yang sedang beternak ayam atau unggas lainnya sebagai usaha meningkatkan kandungan nutrisi pakan dari bahan-bahan organik yang tersedia dengan menambahkan prebiotik dan vitamin. Selain dipercaya dan teruji meningkatkan kandungan nutrisi pakan, dengan proses fermentasi ini akan didapatkan beberapa keuntungan lainnya salah satunya adalah kandang tidak menjadi bau dikarenakan kotoran hewan menjadi cepat terurai karena konsumsi pakan yang sudah terfermentasi ini mengandung bakteri-bakteri baik yang secara signifikan mengurai kotoran dengan cepat dan baik.

Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam
Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam

Berikut ini tutorial Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam atau Unggas Lainnya Agar Kandang Tidak Bau. Silahkan lihat gambar-gambar atau langkah-langkah pembuatan serta penjelasannya di bawah ini.



Download file:
Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam Unggas Agar Kandang Tidak Bau.pdf

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya Gula Pasir 1 sendok teh, Probiotik Cair EM4 atau merk lain (bebas), Dedak Padi, Bran Pollard, pollard ini hampir sama atau mirip dengan dedak tapi pollard adalah merupakan limbah hasil dari proses pengilingan gandum dan pollard ini berguna sebagai sumber protein nabati, memiliki protein 3 kali lipat jika dibandingkan dengan bahan dedak padi.

Bahan berikutnya Tepung Jagung atau Jagung Giling harganya bisa sekitar Rp7.000 hingga Rp8.000 per kilo nya, jagung ini kita pakai sebagai protein nabati, dan berikutnya adalah Konsentrat ayam petelur atau terserah Anda memakai konsentrat ayam pedaging atau konsentrat bebek silakan saja, konsentrat ini bahan-bahannya dari ikan, tulang tulang, dan lain-lain. Konsentrat sebagai sumber protein hewani ini adalah syarat agar ayam bisa bertelur dan pertumbuhan ayam/unggas menjadi lebih baik. Kosentrat ini yang memegang peranan penting dalam memenuhi kebutuhan protein ayam/unggas. Harga satu kilonya konsentrat bisa sekotar Rp8.000 atau Rp9.000.

Untuk pencampuran bahan pakan, berikut ini takaran yang disarankan untuk membuat pakan semi fermentasi organik untuk ayam/unggas.

1 gayung Bran Pollard dan Dedak = 1/2 kg (kurang lebih), Konsentrat dan Jagung 250 gram / minimal (500 gram itu lebih baik), ke dalam 1 gayung Air (1 liter) kita tuangkan 1 sendok teh gula pasir, ke dalam air 1 liter kita masukan cairan probiotik EM4 cukup sebanyak 1 tutup botol EM4, kemudian untuk menambahkan vitaminnya dari bahan organik juga bisa kita pakai Viterna Plus biasanya, tapi silakan saja anda menggunakan merk yang lain. Viterna Plus harganya cukup mahal setengah liter 500 cc harganya Rp50.000, tapi pemakaiannya sedikit, terkadang untuk 1 liter kita bisa sampai 100 kali pemakaian.

Selanjutnya air 1 liter tersebut diaduk sampai gula pasir, EM4 dan Viterna Plus larut. Air 1 liter gula 1 sendok teh dan E4 1 tutup botol tadi ditambah lagi sedikit di vitamin kalau tidak ada Viterna Plus tidak apa-apa, ini hanya menambah vitamin saja tapi memang diperlukan.

Kemudian kita campur dengan konsentrat 1/4 kg dan 1/4 kg jagung giling, kita aduk hingga rata dan menyatu dengan air 1 liter tadi yang sudah ditambahkan EM4, gula pasir, vitamin, kemudian  dan kita aduk hingga kita kira-kira semuanya tercampur merata baru kemudian kita tambahkan brand polar, kalau tadi kita menggunakan takaran 1 gayung kira-kira setengah kilo, maka kita bisa memperkirakan takaran untuk mencampur dan mengaduk bahan-bahan lainnya yaitu bran pollard dan dedak padi, diaduk hingga merata ketika sudah merata dan dikira-kira ketika bahan ini dikepal kemudian masih terlalu lembek berarti kadar airnya masih terlalu banyak kita bisa tambahkan lagi dedak atau pollard. Dengan takaran konsentrat dan jagung 500gram kita bisa mencampurkan dedak padi dan pollard sampai berat semua bahan pakan ini menjadi sekitar 4 sampai 5 kg. 

Setelah diaduk merata, kita cek apakan pakan ini sudah siap diberikan ke ayam atau belum, kita cek dengan cara dikepal jika hancur artinya itu makanan sudah cukup kadar airnya, cukup dalam arti tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, kalau terlalu basah ketika pakan ada yang terjatuh ke tanah dan bercampur tanah atau kotoran, ayam biasanya tidak mau memakannya tapi kalau agak kering dia jatuh ke tanah masih bisa dimakan lagi oleh ayam dan itu tidak berbahaya untuk kesehatan ayam, karena pakan ayam ini sudah tercampur dengan bakteri dari probiotik yaitu bakteri yang menguntungkan bagi hewan ternak.

Dengan takaran tadi kita sudah bisa membuat makanan untuk 1 liter air membuat pakan organik sebanyak 4,5 kg, dan siap diberikan ke ayam atau anak ayam usia  satu bulan

Pakan yang sudah kita buat, bisa langsung berikan kepada ayam, sisanya bisa anda simpan dan jangan lupa ditutup rapat. Kalau pakan kita berikan pagi, sore bisa kita berikan kembali. Atau untuk besok paginya bisa karena disimpan dan proses fermentasi ini menjadikan bahan disimpan sebulan pun aman. Jika disimpan selama sebulan, maka pakan fermentasi ini menjadi panas atau terlalu panas. Sebaiknya untuk pakan semi fermented ini paling lama maksimal 2 hari kemudian kita bisa membuat pakan semi fermentasi yang baru lagi.

Demikian pembahasan mengenai Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam atau Unggas Lainnya Agar Kandang Tidak Bau.

Baca juga pembahasan lainnya terkait dengan ternak ayam: Berapa Modal, Omset dan Profit Ternak Ayam Petelur Sederhana Skala Rumahan? Membahas mengenai Berapa Modal, Omset dan Profit Ternak Ayam Petelur Sederhana Skala Rumahan? dan Kalkulasi Biaya dan Pendapatan Ternak Ayam Petelur dengan Sistem Sederhana.

Semoga bisa bermanfaat sebagai tambahan referensi terkait dengan banyaknya pertanyaan seputar makanan atau pakan ayam atau unggas lainnya, seperti pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana cara membuat pakan ayam dari limbah sayuran, apa saja makanan ayam, bagai mana membuat pakan ayam fermentasi kering, seperti apa cara membuat pakan ayam bangkok alami, bagaimana cara membuat pakan ayam pedaging, bagaimana cara membuat pakan ayam petelur, bahan apakah untuk pakan ayam yang bisa dijadikan pengganti dedak, ada juga pertanyaan bagaimana cara proses fermentasi pakan ayam dengan menggunakan air beras, dan lain-lain. Wassalamu'alaikum.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Pakan Semi Fermented (Organik) untuk Ayam atau Unggas Lainnya Agar Kandang Tidak Bau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel